Mau dapat tambahan income hanya dengan upload file, [ disini ]

Programer murni Vs Otodidak

Author hery Category

Sering kali banyak kita jumpai, dikalangan para programer profesional. Bahwa ternyata banyak dari mereka yang latar belakang pendidikannya bukan berasal dari kalangan pendidikan Ilmu komputer.

Pertanyaan yang timbul?. Mengapa mereka bisa, padahal mereka tidak mengenyam pendidikan ilmu komputer. lalu apa yang membedakan orang yang benar-benar latar belakang pendidikannya berasal dari ilmu komputer dan yang bukan berasal dari ilmu komputer. dalam artikel ini akan saya coba bahas, mengenai masalah tersebut.

Dengan fakta tersebut bukan berarti ilmu tentang programing dapat dengan mudah dipelajari. Tapi sebaliknya, bahwa ilmu tentang programing kadang memang sulit dipelajari, karena semua hanya bertumpu pada logika seseorang.

Orang yang tidak berlatar pendidikan komputer dan bisa programing, kebanyakan dari mereka cara belajarnya autodidak. Mereka mencari materi-materi programing dari internet. Mereka memang tergolong orang-orang cerdas, karena tanpa ada yang membimbing mereka bisa belajar programing.

Seharusnya kalau di nalar orang-orang yang berlatar belakang pendidikan IT dengan yang belajar autodidak tentang komputer harus lebih ahli orang yang berlatar belakang pendidikan Komputer. tapi dalam kenyataannya berlainan. Kadang orang yang belajar autodidak malah lebih ahli dibanding dengan orang yang mempunyai gelar S.com. mengapa bisa begitu?…

Jawaban itu memang sulit kalau di tanya seperti itu?.. kadang saya sendiri malu kalau ditanya tentang pengetahuan programing. Karena saya sendiri kadang kesulitan menjawabnya. Lantas bagaimana tanggapan dari kalangan orang yang berlatar belakang ilmu komputer, tentang hal ini? Dengan tegas kalau di minta pendapat mengenai persoalan tersebut, saya menjawab “kenapa kita report-report mengurus masalah tersebut, ilmu kan bebas untuk dipelajari?” jadi siapa yang mau berusaha ya dia yang bisa… gitu aja kok report….

Lalu apa yang harus membedakan programer autodidak dengan programer yang berlatar belakang komputer. seharusnya kalau kita dari kalangan programer yang mempunyai latar belakang ilmu komputer, kita harus lebih bisa efisien dalam membuat program. Yang artinya dalam membuat program kita tidak asal-asalan. Kita seharusnya lebih bisa paham mengenai masalah tahap-tahap perencanaannya, analisisnya dan tentunya pengembangannya. Karena hal ini biasanya yang sering diabaikan oleh para programer yang autodidak.

Kebanyakan para programer autodidak hanya berkutat pada masalah teknik programing. Dia hanya berkonsentrasi bagaimana program bisa jadi dan di mengerti orang. Dia biasaya kurang paham mengenai pengembangan-pengembangan program. Dan para programer autodidak kurang memperhatikan masalah-masalah eksternal yang timbul dari programer.

Yups.. di dunia ini memang semua butuh persaingan. Tentunya mari kawan-kawan yang sedang berkecimpung dengan pendidikan komputer, tetap berkreasi, tetap semangat belajar. Supaya nantinya kita tidak kalah dengan persaingan tersebut. Kita bisa menunjukkan kepada dunia kalau ternyata apa yang kita pelajari dapat bermanfaat bagi orang. Demikian uraian singkat dari saya.. moga bermanfaat.. seperti biasa, ilmu untuk dipelajari, dibagi, dan diamalkan…..

Artikel Terkait



blog comments powered by Disqus
Theme by New wp themes | Bloggerized by Dhampire